Pikir, Pertimbangkan

Senin, 08 Februari 2010
Dalam kehidupan selalu ada perbandingan diantara dua atau lebih hal. Meskipun hal tersebut tergolong pada suatu barang. Berkaitan dengan hal tersebut, kita juga sering dihadapkan pada beberapa pilihan yang mana kita harus menguatkan pilihan yang satu mengalahkan pilihan yang lain.
Salah satu contoh pilihan yang mungkin dihadapi oleh calon lulusan sekolah tingkat atas (SMA/SMK/sederajat) adalah akankah mereka meneruskan ke jenjang perkuliahan atau tidak?
Pilihan tersebut tentunya harus ada yang dimenangkan dan ada yang harus dikalahkan. Lalu, manakah pilihan yang harus dipertimbakan?
Bila dipandang dari segi jenjang pendidikan yang terurut, mengapa pilihan untuk kuliah perlu dimenangkan? Namun hal tersebut sebaiknya dipertimbangkan lagi. Mengapa? Setidaknya kita perlu mempertimbangkan 3 hal utama, yaitu: kemampuan, biaya, dan orientasi masa depan.
Seberapa besar kemampuan yang kita miliki? Dengan mengetahui kemampuan kita, kita dapat mengira-ira berapa besar biaya yang harus kita keluarkan. Selain itu, masuk ke dunia perkuliahan harus mempertimbangkan orientasi ke depannya juga. Sehingga, semua ilmu yang dipelajari di dunia perkuliahan tidak sia-sia dan terbuang begitu saja. Mana pilihan yang kamu pilih? (han)


0 komentar:

Posting Komentar

 

Browse

Quote Inside

Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)

Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi)

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.— Nelson Mandela

Hananser