Persiapan!! Go to....

Senin, 08 Februari 2010
Dunia perkuliahan, dunia yang penuh pengembangan pikir dan lingkungan yang mengglobal. Dunia perkuliahan juga merupakan dunia yang cukup dibilang jenjang tertinggi dalam bidang akademik/pendidikan. Beberapa orang pun masih bertujuan untuk bisa masuk ke jenjang tersebut, dengan beberapa
motif mereka.
Menyikapi hal itu, perlukah kita terutama sebagai pelajar tingkat atas (SMA/SMK/sederajat) mengetahui setiap hal yang berhubungan dengan dunia perkuliahan. Sehingga, kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya agar dalam menjalani hari di dunia perkuliahan bernilai manfaat.
Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah mengenai pribadi kita sendiri. Sudahkah kita mengenal pribadi kita? Apakah kita ingin masuk ke dunia pendidikan secara langsung, atau menuju dunia teknik.
Setelah itu, kita juga perlu mempertimbangkan apa saja yang mendukung keahlian kita. Jangan sampai kita masuk ke dunia yang tanpa arah dan petunjuk, serta dunia yang belum kita ketahui secara sederhana saja. Dalam hal ini kita perlu spesifikasi yang tepat dan cermat, karena tidak sedikit pembagian materi di dunia perkuliahan. Sebagai contoh penalaran, jika keahliannya di bidang artistik, sebaiknya masuk dunia artistik, bukan ke dunia teknik komputer.
Selanjutnya, hal yang tak patut dilupakan adalah kita harus mengukur antara kemampuan dan kemauan kita. Apabila memang kemampuan kita (dalam hal pembiayaan), maka kita harus bersabar dan berusaha mendapat jalan yang terbaik, untuk sekarang maupun ke depan. Namun, bila kemampuan tersebut menyangkut pemikiran kita, kita masih bisa berusaha sembari mengikuti perkuliahan, dan jangan dilepaskan untuk tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dalam dunia perkuliahan, masih terdapat tingkatan-tingkatan, seperti Diploma (I,II,III), Strata, dst. Hal tersebut penting karena beberapa lowongan pekerjaan memberikan spesifikasi tingkat ‘title’. Semakin tinggi ‘title’, kemungkinan bidang yang diberikan juga semakin bertaraf.
Menyinggung masalah pekerjaan, dengan adanya spesifikasi lowongan yang bervariasi, jika kita memiliki keahlian yang lebih terlatih dari dunia perkuliahan. So, what’s your preparation? (han)


0 komentar:

Posting Komentar

 

Browse

Quote Inside

Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)

Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi)

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.— Nelson Mandela

Hananser