Perlunya Try Out

Jumat, 26 Februari 2010
Beberapa bulan terakhir yang kami ketahui sedang gencar-gencarnya pengadaan try out (TO) masuk perguruan tinggi (PT). Berbondong-bondong para siswa dari berbagai sekolah menengah atas dan sederajat mengikuti tes ini. Sempat terlintas di benak saya, sebenarnya apa sih yang didapatkan dengan mengikuti try out? Yup, pertanyaan itu yang kadang membuat saya berpikir dua kali untuk mengikuti try out. Saya mulai berpikir lagi, ternyata banyak hal yang bisa kita dapat dari mengikuti tes semacam ini.

Pertama, kita bisa mengetahui sedikit atau banyak mengenai macam soal yang akan digunakan untuk tes masuk PT. Soal-soal yang diberikan kurang lebih memiliki kemiripan dengan soal ujian masuk PT.
Kedua, dengan cara ini kita akan lebih terlatih untuk mengerjakan soal-soal yang akan di ujikan. Semakin kita sering melatih diri, maka kita akan semakin mudah untuk mengerjakan soal yang diberikan.
Ketiga, dari sinilah kita juga bisa mengevalusai kemampuan kita. Kita dapat mengukur seberapa kemampuan kita untuk mengerjakan soal. Sehingga untuk selanjutnya kita mampu memperbaiki kesalahan yang ada.
Demikian tadi tiga point yang saya jadikan alasan perlunya mengikuti try out ataupun simulasi UMPT. Satu hal yang terpenting bahwa try out dapat melatih kita untuk yakin pada diri sendiri. Yakin pada kemampuan kita akan membantu kita menentukan jurusan kuliah yang ada. Selebihnya, bagaimana anda menyikapi semua ini tergantung niat anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Browse

Quote Inside

Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)

Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi)

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.— Nelson Mandela

Hananser