Jenjang Pendidikan

Selasa, 23 Februari 2010
Ada banyak pilihan dalam jenjang pendidikan di Indonesia ini. Mulai dari mungkin Playgroup, TK, SD, SMP,SMA, dan sekolah lain yang sederajat. Tentunya, semua itu, setiap jenjang memiliki tingkat perkembangan yang berbeda. Bisa dipengaruhi lingkungan , skala materi, skala pemikiran, skala koneksi, dan lain lain.
Secara mayoritas dan umumnya, masyarakat kita memiliki pendidikan lulus secara S3, alias SD, SMP, dan SMA/SMK/ sederajat. Namun, di samping itu, ada beberapa orang yang memiliih menambah pendidikan pra S3 tersebut dengan pendidikan PlayGroup dan TK. Secara psikologis, pendidikan di PlayGroup maupun di TK dapat mengajarkan anak tentang kebersamaan dan cara berkomunikasi dengan orang lain, meski hanya nampak permainan saja.
Namun, secara lain pendidikan tersebut tetap saja dapat dilakukan oleh orang tua dengan cara-cara mereka. Tak sejelek dengan pendidikan di PlayGroup atau TK. Karena kenyataannya, ada beberapa orang yang dulu masuk TK ternyata tak lebih baik dengan orang yang dulu tak masuk TK (maaf, bukan maksud merendahkan).
Setelah itu, anak akan masuk ke jenjang SD, yang mana di SD muncullah komunikasi yang lebih meningkat lagi. Meski diawali dengan proses peningkatan sedikit demi sedikit, jenjang SD sekarang ini pun lebih meningkat dibanding jenjang SD masa lalu. Misalkan, dari segi perkembangan ilmu, dulu bahasa inggris diajarkan mulai kelas 3 SD, namun sekarang sudah diajarkan mulai kelas 1 SD.
Berlanjut ke jenjang SMP, di mana masa SMP merupakn masa pra remaja yang notabenenya pra remaja masih ingin mencari jati diri masing-masing. Pencarian jati diri ini perlu diperhatikan, menginat masa kini suadah banyak kejadian kriminal ataupun amoral yang dilakukan anak-anak masa praremaja. Jika salah jalan sedikit saja, bisa saja sampai ke jurang kerusakan (terutama moral).
Kehidupan pra remaja pun masih berlanjut ke masa SMA, dengan tingkatan yang lebih tinggi lagi. Ditambah lagi kemampuan yang meningkat, dengan pemikirian-pemikiran yang lebih tajam, rasional, dan seterusnya. Kelanjutan seterusnya, bisa kita pikir untuk jenjang selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Browse

Quote Inside

Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah). (HR. Ibnu Majah)

Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi)

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.— Nelson Mandela

Hananser